Menuju Akreditasi Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Tahun 2020

 

Akreditasi Rumah Sakit merupakan syarat wajib bagi organisasi rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2017 yang menyatakan bahwa “ Rumah Sakit wajib terakreditasi”.

Akreditasi adalah suatu pengakuan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit, setelah dilakukan penilaian bahwa Rumah Sakit telah memenuhi Standar akreditasi yang penilaiannya dilakukan oleh Lembaga independen. Di Indonesia dilakukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

 

RSD Madani Kota Pekanbaru pada hari Senin sampai Selasa tanggal 9-10 Desember 2019 bertempat di Aula RSD Madani bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melakukan kegiatan Bimbingan Akreditasi SNARS Edisi 1.1, hal ini sebagai upaya untuk senantiasa mendorong agar Rumah Sakit di seluruh Indonesia nantinya terakreditasi semuanya termasuk RSD Madani Kota Pekanbaru. Kegiatan ini merupakan kegiatan bimbingan yang ketiga kalinya di laksanakan di RSD Madani Kota Pekanbaru.

dr. Mulyadi, Sp BP selaku Direktur RSD Madani dalam sambutan menyatakan bahwa RSD Madani siap untuk mengajukan akreditasi di Bulan Juni 2020 nantinya, hal ini sambil menunggu operasional penuh RSD Madani yang diperkirakan di awal tahun 2020. Akreditasi RSD Madani akan terlaksana dengan baik dengan dukungan tim yang sudah ada serta dukungan dana baik berupa pemenuhan alat-alat kesehatan maupun fisik bangunan ujar Mulyadi. Dalam hal ini hadir juga dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru yang diwakili oleh dr. Dian Astuti, M.Kes selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan yang senantiasa memberikan dukungan terhadap kegiatan bimbingan akreditasi.

Tim yang datang ke RSD Madani berjumlah 5 (lima) orang, dari Kemenkes RI diwakili oleh Ibu Fera Karnita, S.Kep, Bd, dan 4 (empat) orang dari RSAB Harapan Kita yang diketuai oleh dr, Cut Juli Muroli sebagai pembimbing akreditasi. Dalam sambutannya Fera selaku perwakilan dari Kemenkes, mengatakan bahwa Kemenkes akan memantau rumah sakit yang belum mengajukan akreditasi ke KARS, serta Kemenkes akan memfasilitasi rumah sakit tersebut untuk segera mengajukan akreditasi.

Ketua Panitia Akreditasi RSD Madani Kota Pekanbaru dr. Erlina Wilda menuturkan bahwa kegiatan bimbingan ini sudah ada kemajuan dari kegiatan bimbingan sebelumnya, pada kegiatan ini semua Kelompok Kerja (Pokja) yang sudah dibentuk, sudah menyiapkan dokumen yang akan didiskusilan dengan para pembimbing sesuai dengan pokja masing-masing. Setelah penelusuran dokumen dari masing-masing pokja, pembimbing akan melakukan telusur lapangan pada hari terakhir kegiatan, apakah sudah sesuai standar ataukah belum ujarnya.

 


Print